Pages

RSS feed

Rss

Jumat, 29 November 2013

Suka Duka Praktik Kerja Industri

Ini adalah tahun ke empat
mau tak mau Praktik kerja industri harus dilaksanakan dengan tujuan memenuhi persyaratan untuk lulus dari sekolahku
sebuah sekolah jurusan analisis kimia swasta di daerah bogor
aku melaksanakan praktik kerja industri di dua perusahaan, alasan ini aku tempuh karena salah satu perusahaan yang aku pilih dan telah menerimaku hanya memperbolehkan untuk melakukan prakerin selama satu bulan yaitu di bulan september . Sedangkan hal itu tidak memenuhi syarat. Karena waktu prakerin yang dibutuhkan adalah 3-4 bulan.
dari alasan itulah aku mencari tempat prakerin lain untuk menutupi kekurangan sisa waktu prakerin ku yang 2 bulan (juli-agustus)
aku hampir putus asa dengan keputusan ini karena aku harus menerima konsekuensi dari keputusan yang aku pilih....

sebelum memilih keputusan ini, aku sudah terlebih dahulu disuguhi oleh tiga pilihan yaitu
• pilihan pertama adalah melepaskan perusahaan pertama yang telah menerima ku prakerin meski selama satu bulan dan mencari tempat prakerin lain langsung selama 3-4 bulan
Dengan konsekuensi nama baik sekolah tercemar
•Pilihan kedua adalah tetap mempertahankan perusahaan pertama dan mencari sisa waktu dua bulan prakerin di perusahaan lain.
Dengan konsekuensi pembuatan dua laporan dan kemungkinan sidang pun dua kali
•Pilihan ketiga adalah tetap mempertahankan perusahaan pertama dan sisa waktu diisi dengan menjadi laboran di sekolah
Dengan konsekuensi tidak memenuhi persyaratan dan ilmu tidak bertambah.
aku benar benar bimbang saat itu, saat saat harus menentukan pilihan adalah saat yang tersulit. Terlebih lagi jika ketika suatu pilihan sudah di tangan namun ada pihak lain yang menggoyahkan. Mencoba tetap berdiri kokoh dan memegang teguh pada pilihan kedua meski hasutan selalu datang silih berganti, entah itu sebuah hasutan baik atau buruk tak ada yg dapat menilainya. Karena semua hasutan itu hanya situasi yang dapat menilainya
ku percayakan semua pada kata hatiku, ku tutup telinga bagi suara siapaun yang mencoba menggetarkan keyakinanku
aku yakin, aku bisa, prakerin di dua perusahaan dan mengerjakan dua laporan
dan sejak tekad ku benarbenar bulat, tak lagi ada hasutan yang mampu mengusik hatiku. Hingga akhirnya aku jalani dan ku selesaikan semuanyaa dengan sempurna. :) *menurutku-bersyukur kan*
dimulai di bulan Juli, alhamdulillahnya ada sebuah perusahaan yang mau menerimaku untuk menimba ilmu disana meski hanya selama dua bulan. Setelah sebelumnya aku menerima penolakan dari sebuah perusahaan farmasi.
. PT TRAS MULTILAB INTERNASIONAL (sebuah perusahaan jasa analisis )menerima ku untuk melaksanakan prakerin. Banyak ilmu yang ku dapat di sini. Instrumen di perusahaan ini cukup lengkap, pegawainya baik, terutama kaka pembimbing. Dua bulan aku lalui disini pulang-pergi=cibinong-jakarta. Rasa lelah pun terbalas oleh ilmu dan kebaikan yang didapat disana. Bulan agustus sudah berada dipenghujung. Tanggal 31 tepatnya aku dan kawanku diberi wejangan sebelum angkat kaki dan bermigrasi ke perusahaan berikutnya. Sungguh berkesan prakerin di perusahaan ini. Di hari terakhir aku diberi upah sebesar Rp 200.000 . Alhamdulillah. Walau jumlahnya tak terlalu besar, inilah ganjaran dari hasil kerja dan belajarku selama dua bulan.
Awal september telah aku singgahi, 2 september adalah hari pertama aku mendarat di sebuah perusahaan semen yang berada di citeurep PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA Tbk . Perusahaan ini benar-benar besar. Di hari pertama aku dan kawanku pun tersesat betapa tidak untuk berpindah dari plant satu ke plant lainnya disarankan untuk menggunakan bus indocement. Karena terlalu luasnya.
Hari pertama, kedua, dan ketiga adalah masa orientasi peserta prakerin, saat masa itu kita diberitahu banyak hal seperti company profil, safety, dan yang lainnya tentang indocement dan yg bersangkutan.
Indocement membuka peluang prakerin di setiap bulannya sehingga setiap bulan peserta selalu berganti. Ketika angkatanku yaitu angkatan bulan september 2013 ada sekitar 50an orang. Dan itu bukan hanya dari siswa SMK melainkan mahasiswa dan mahasiswi dari perguruan tinggi di indonesia pun ada di tempat ini dengan berbagai jurusan yang berbedaa diantaranya ada kimia analisis, teknik kimia, teknik industri, teknik pengelasan, rekayasa perangkat lunak, administrasi perkontoran dll. Jadi bisa tambah wawasan juga kenalan disini.
aku ditempatkan di bagian QARD dengan pembimbing Pak Aldy (pembimbing yang baik banget) . Karena laporan yang aku ambil adalah gravimetri maka lab yang sering aku singgahi adalah lab chemical. Tapi tetep kok aku diberi kesempatan untuk belajar dan berkeliling di lab lainnya seperti lab x-ray, lab fisik, lab kertas, lab cool dll. Pegawai disini juga baik baik . Ramah dan suka berbagi cerita dan pengalaman.
Prakerin di indocement ada jaminan kesehatannya. Pernah suatu ketika aku sakit ketika berada disana. Sakitnya sih cuma pilek agak demam sama sakit gigi karna numbuh gigi graham belakang. Nah waktu mau nganterin salah satu temen prakerin yang lagi sakit, aku ditawarin berobat juga di polikliniknya sama bapak yang nanganin trainning prakerin di sana. Alhasil tawarannya aku terima aja. Secara kapan lagi berobat disini? Kan belom tentu nanti bakal dateng lagi ke sini.
pergilaah aku dan kawan ku ke poliklinik. Naiknya bus indocement, berobat deh , diperiksa sama bu dokter. Terus dikasih resep obat. Langsung lanjut ke apotek, cementia namanya. Tiap mau ke parkiran pasti selalu lewat poliklinik, dan sebelumnya sempet kepo banget sama tempat itu. Eh alhamdulillah banget berkat sakit jadi bisa mampir kesana. Kekepoannya ilang deh hahahahahaha
. Disini pegawainya baik, kalo kita udah ketinggalan bus tinggal nyetop kendaraan yg lewat aja, dan mereka yang ada dikendaraan akan memberikan tumpangan. Kalo di jalan raya mah bisa dikata cewe ga bener tapi kalo disini itu bedaaa deh. Bebas pilih mau milih mobil terbuka atau mobil tertutup yang masi keren, motor juga ada, sepeda juga ada.
selama prakerin disini aku pake safety shoese dan waktu pertama kali pake ituu BERAAAT banget, tapi setelah keseringan jadi biasa aja. Malahan disaat sepatu itu harus dikembalikan lagi rasanyaa ga rela. Dan kembali lagi pake sepatu biasa yang rasanya malah jadi kaya pake sepatu kertas RINGAAAN banget.
sebulan disana ga kerasa banget karna terlalu seru. Ketemu kaka mahasiswa yang kalo ngomong kereen dan berharap suatu saat kalo aku jadi mahasiswi kelak bakal kaya gitu. Amin:)
Bulan september sudah berada dipeenghujung jalan, saatnya angkat kaki dari tempat ini. Berterimakasih kepada semua yang ada di tempat ini, kepada semua yang pernah aku repotkan.
Prakerin berakhir laporanku pun terselesaikan.
aku melaksanakan sidang pada 24 oktober 2013 alasannya karna 24 tanggal lahirku dan 24 adalah angkaaa yaa itulah. Hehehe.
dari indocement aku mendapatkan uang saku sebesar Rp 157.500 dan Surat Keterangan.
akhirnya dua laporan terselesaikan, walau begitu aku hanya satu kali sidang. Dan aku mengambil laporan dari indocement sebagai bahan sidang.
kini laporan ku telah di hardcover dengan warna merah maroon dan diletakkan di sekolah, industri tempat aku prakerin dan di lemari yang ada di kamarku. Ini adalah pengalaman berharga sebagai seorang penulis walaupun penulis laporan. Tapi kelak hasil tulisan ku akan dibaca juga oleh pihakpihak yang membutuhkan. senangnyaa:)) . Tak apa walaupun hanya ada diperpustakaan bukan di toko buku, tak apalah walau cetakkannya tak sebanyak bukubuku yang ada di toko. Tapi kelak aku akan menuliskan buku yang akan terpajang di toko hingga membuat banyak orang ingin membeli dan memilikinya. *Amin
suka duka ini berhasil aku lalui, alhamdulillah. Semua ini karena Allah swt dan karna dukungan dari orang tua dan sahabat terdekatku. Ternyata pilihan kedua yang aku pilih dan telinga yang aku tutup ketika orang lain menghasutku, tidak membuat aku menyesalinya.
saranku: percayalah pada kemampuan yang ada pada diri sendiri! Tidak sepenuhnha yang dikatakan orang lain tentang anda adalah BENAR, karna sesungguhnya anda sendirilah yang paling mengetahui diri anda bukan orang lain! keep spirit!!

2 komentar:

  1. Halo, kalo pulang pergi depok-citeureup memungkinkan gak ya kira2? apakah ada tempat parkir mobil? seberapa jauhkah harus jalan dari parkiran ke tempat kerjanya? makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. memungkinkan kok. dari parkir ke tempat kerja ada bus nya

      Hapus